“MANAJEMEN FESTIVAL 2016
”
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI
MALANG
I.
LATAR BELAKANG
Universitas merupakan suatu sistem akademik, lembaga
pendidikan, pengajaran, penelitian, pengembangan disiplin ilmu, penyebarluasan
dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk pembangunan
masyarakat, dengan berbagai kegiatan, norma dan tradisi yang berkembang dalam
kehidupannya. Universitas Negeri Malang menjadi salah satu bagian dari
perguruan tinggi yang turut mencetak tenaga ahli yang menguasai iptek dan tenaga
kependidikan. Di samping itu, Universitas Negeri Malang juga berperan sebagai
pusat pengembangan intelektual dan kebudayaan.
Fakultas ekonomi yang juga merupakan bagian dari
Universitas Negeri Malang, haruslah mampu mewadahi kreativitas mahasiswa yang
sesuai dengan aspek-aspek yang berhubungan dengan perekonomian. Harapannya agar
nantinya mahasiswa mampu menjadi insan yang mandiri dan mampu mengaplikasikan
berbagai ilmu yang telah didapat dalam perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga
diharapkan mampu menjadi agen of change yang tidak hanya mampu berpangku tangan
pada pemerintah, namun mampu menciptakan lapangan-lapangan kerja yang mandiri.
Upaya yang dapat dilakukan dalam mewujudkan semua
itu adalah dengan mengoptimalkan berbagai komponen-komponen civitas akademika
sesuai dengan peran dan fungsinya, serta memberikan wadah maupun kesempaatan
bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan kekreativitasannya agar mereka mampu
membuka wawasan tentang bagaimana cara menjadi seorang wirausahawan yang
mandiri.
Selain itu, banyak mahasiswa lulusan sarjana yang
belum memiliki pekerjaan dikarenakan persaingan di dunia bisnis yang sangat
ketat, karena minimnya jaringan atau informasi tentang dunia kerja. Maka dari
itu sebagai mahasiswa fakultas ekonomi khususnya jurusan manajemen Universitas
Negeri Malang seharusnya bisa lebih berfikir membuka pekerjaan baru bukan untuk
selalu mencari kerja. Oleh karena itu, jiwa kewirausahaan sangatlah penting
ditumbuhkan untuk memulai persaingan sedini mungkin agar kita siap di hari
mendatang.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka
mahasiswa ekonomi khususnya dalam jurusan manajemen sebagai sebagai kelompok
yang nantinya akan bergelut dalam bidang perekonomian terutama untuk menjadi
entrepreneur yang baik perlu diwadahi dan dibekali ilmu-ilmu mengenai
kewirausahaan yang nantinya akan mereka aplikasikan melalui suatu event MANAJEMEN
FESTIVAL
MANAJEMEN FESTIVAL merupakan suatu event untuk
pengaplikasian jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh mahasiswa, dimana nantinya
melalui event ini mahasiswa diharapkan mampu menjadi seorang yang benar-benar
paham dan mengerti mengenai dunia kewirausahaan. Selain pengembangan jiwa
entrepreneurship, dalam event ini juga menampilkan panggung hiburan yang
berkolaborasi dengan sentuhan kreasi mahasiswa. Untuk itu segala bentuk pengembangan jiwa
kewirausahaan dan penampilan minat dan bakat kreasi mahasiswa yang tersebut
diatas akan kami kemas dalam sebuah acara dengan tema “Welcome To The Light Alpha”
Melalui kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa
Universitas Negeri Malang mempunyai bekal dalam mengaplikasikan jiwa
kewirausahaanya dan segala hal yang mereka dapatkan dalam perkuliahan. Dan Atas
dasar fakta tersebut kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen dengan maksud
menyalurkan bakat mahasiswa fakultas ekonomi pada umumnya dan mahasiswa jurusan
manajemen pada khususnya dalam kegiatan pengembangan jiwa entrepreneur dan kekreatifan.
II.
NAMA
KEGIATAN DAN TEMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah MANAJEMEN
FESTIVAL dengan tema kegiatan “Welcome To The Light Alpha. ”.
- LANDASAN KEGIATAN
Dasar kegiatan ini
adalah sebagai berikut:
1.
Tri
Dharma Perguruan Tinggi
2.
Visi
dan Misi HMJ Manajemen Univesitas Negeri Malang
3.
AD/ART
Organisasi Pemerintahan Mahasiswa Universitas Negeri Malang.
4.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang
Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara RI Nomor 78, Negara RI Nomor 4301)
5.
Keputusan Mendikbud No. 0155/U/1998,
tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.
6.
Surat Keputusan Rektor Universitas
Negeri Malang No. 13/KEP/UN32/KM/2012, tentang Pedoman Organisasi Kemahasiswaan
Universitas Negeri Malang Tahun 2012
7.
Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang No 1.2.41/UN32.4/KM/2016, tentang Pemberhentian dan
Pengangkatan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang Tahun 2016.
IV.
TUJUAN KEGIATAN
1.
Merealisasikan program kerja Himpunan
Mahasiswa Manajemen (HMJM) periode 2016
2.
Membantu mahasiswa untuk mengaplikasikan
teori – teori yang mahasiswa dapatkan pada mata kuliah kewirausahaan.
3.
Untuk melatih kreatifitas Mahasiswa.
4.
Membantu memperkenalkan produk makanan
khas dari daerah yang berbeda
5.
Untuk membina kebersamaan dan
kekeluargaan seluruh warga Manajemen pada khususnya Universitas Negeri Malang
pada umumnya.
6.
Mengembangkan daya imajinasi, kreasi
serta semangat generasi muda
7.
Memberikan sarana hiburan dan media
kreativitas yang berkualitas dan berbeda untuk dinikmati serta menyajikan
alternatif hiburan bagi semua kalangan
8.
Meningkatkan promosi dan sebagai media
promosi produk masing-masing pihak yang berkepentingan
9.
Joint Event Promotion dengan para
sponsor.
IV.
BENTUK KEGIATAN
...................... ini merupakan
suatu kegiatan, dimana nantinya mahasiswa mampu
mengaplikasikan bakat serta kemampuan yang mereka miliki khususnya dalam
bidang kewirausahaan sehingga nantinya mereka akan mampu menjadi seorang
entrepeneur yang berkompeten. MANAJEMEN FESTIVAL ini di lakukan dengan cara
mendirikan stand dengan tema STEET FOOD yaitu produk Makanan jalanan yang
dikemas dari sederhana menjadi sangat bernilai, ada juga makanan khas daerah yang
diisi oleh ORDA sehingga produk mereka dapat dilihat dan dikenal oleh konsumen.
Selain itu, juga terdapat panggung hiburan yang di meriahkan dengan Perform ORMAWA dan band Indie Kota Malang.
V.
PESERTA
Target
utama MANAJEMEN FESTIVAL ini adalah para mahasiswa baru Universitas Negeri
Malang dengan jurusan program studi dan Target total 30 stand bazar. Dengan rincian
15 Stand dari Mahasiswa Baru, 5 Stand dari ORDA, 5 Stand Sponsorship dan 5
Stand dari UMKM. target pengunjung 500 orang.
VI.
PELAKSANAAN
Hari : Senin
Tanggal
: 19 September 2016
Waktu : 14.00 – 21.00
Tempat : Lapangan Parkiran Graha Cakrawala Universitas Negeri
Malang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar