OLIMPIADE
MANAJEMEN NASIONAL 2016
HIMPUNAN
MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
A.
LATAR BELAKANG
Indonesia
merupakan salah satu negara berkembang yang pertumbuhan perekonomiannya masih
tergolong rendah dibanding negara-negara lainnya. Banyak faktor yang memicu
lambatnya pertumbuhan perekonomian di Indonesia, salah satunya yaitu masih
sedikitnya jumlah wirausaha di Indonesia. Jumlah wirausaha di Indonesia hanya
sekitar 1,65 persen dari jumlah penduduk di Indonesia saat ini. Menurut Michael
P. Todaro, sumber kemajuan ekonomi bisa meliputi berbagai macam faktor, akan
tetapi secara umum sumber utama pertumbuhan ekonomi adalah adanya
investasi-investasi yang mampu mendorong dan memperbaiki kualitas sumberdaya
manusia dan fisik, yang selanjutnya dapat meningkatkan kuantitas sumber daya produktif
yang bisa menaikkan produktivitas seluruh sumber daya melalui penemuan-penemuan
baru, inovasi dan kemajuan Teknologi.
Kewirausahaan
atau “Entrepreneurship” yang kreatif
sering diartikan sebagai “the backbone of
economy”, syaraf pusat perekonomian atau pengendalian perekonomian suatu bangsa. Hal ini karena fakta menunjukkan bahwa sebagian besar
pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para
wirausahawan. Untuk itu memang sangat
terbukti bahwa entrepreneur sangat
penting untuk memberikan ide berupa energi dalam meningkatkan perekonomian di
Indonesia. Dengan adanya Entrepreneur
yang kreatif
diharapkan dapat memberikan manfaat di bidang ketahanan energi baik berupa
pemanfaatan yang efektif dan efisien atau melalui diversifikasi produk yang
baru karena itu dibutuhkan suatu pemanfaatan sumber daya manusia yang semakin
kreatif dan berdaya guna.
Sesuai dengan pembahasan diatas, maka
Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
merasa perlu mengadakan olimpiade manajemen dalam bentuk bussiness plan ini dengan tema “Peningkatan Daya Saing Wirausaha Muda
Berbasis Produk Lokal Inovatif”. Dengan
harapan memberikan dampak positif untuk mencetak wirausahawan muda yang kreatif, dan inovatif untuk menciptakan suatu produk yang berkualitas
dan dapat bersaing di pasar global serta menjadi sukses dan dapat mendorong pembangunan perekonomian Indonesia yang lebih maju.
B.
LANDASAN YURIDIS
Kegiatan ini merupakan
kegiatan yang bersifat formal dibawah institusi yang sah. Oleh karena itu
sebagai legalitas kegiatan landasan yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
2. Keputusan Mendikbud No. 0155/U/1998, tentang Pedoman
Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.
3.
Surat Keputusan Rektor
Universitas Negeri Malang No.13/KEP/UN32/KM/2012, tentang Pedoman Organisasi
Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang Tahun 2012
4.
Surat Keputusan Dekan Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Malang No 1.2.41/UN32.4/KM/2016, tentang
Pemberhentian dan Pengangkatan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA)
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun 2016.
5. Program Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen
Periode 2016
C.
NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “Olimpiade Manajemen Nasional 2016”
D.
TEMA KEGIATAN
“PENINGKATAN
DAYA SAING WIRAUSAHA BERBASIS PRODUK LOKAL INOVATIF”
E.
BENTUK KEGIATAN
1.
Dialog Publik
Dialog publik ini
akan membahas tentang Inovasi dan Kreatifitas Jiwa
Entrepreneur muda dalam berbisnis, Sehingga
dapat memberikan gambaran tentang keadaan ketahanan perekonomian Indonesia saat ini agar para audience tergugah untuk memberikan inovasi barupa pengembangan
produk lokal supaya bisa berdaya saing di pasar Internasional.
2.
Visiting Company dan Field
Trip
Visiting Company ini merupakan kunjungan perusahaan yang akan dituju, dimana para peserta
akan diajak untuk melakukan tour ke
perusahaan dan akan diberikan kesempatan untuk melihat dan mengetahui bagaimana
sistem kerja dan manajemen perusahaan tersebut secara langsung. Pada kegiatan
ini rencananya akan mengambil kunjungan ke Bakpao Telo Malang*
Field Trip merupakan salah satu rangkaian acara dari oman yang dikemas semenarik
mungkin yang diharapkan dapat menjadi wahana bagi terbangunnya rasa
kekeluargaan dan solidaritas diantara para peserta. Pada kegiatan ini rencananya
akan mengambil ke Sentra Industri Tempe Sanan*
*Masih dalam tahap konfirmasi
3.
Business Plan Competition
Lomba/kompetisi rancangan
bisnis ini merupakan perlombaan/kompetisi antar Mahasiswa khususnya Mahasiswa
Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi se-Indonesia dan pada pemenang kompetisi ini
akan memperebutkan piala Rektor Universitas Negeri Malang.
F.
PEMATERI DIALOG PUBLIK
1. Unggul Abinowo (Owner Bakpao Telo) *
2. Hidayat Wicaksono (Owner Sentra Industri Tempe Sanan) *
*Masih dalam tahap
konfirmasi
G.
TUJUAN KEGIATAN
Tujuan
diselenggarakannya Olimpiade Manajemen ini adalah :
1. Sebagai pengembangan kreatifitas mahasiswa untuk
menciptakan wirausaha muda.
2. Sebagai sarana pemberian stimulus mental
berwirausaha di kalangan mahasiswa.
3. Sebagai perwujudan program kerja dan pencitraan
jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang kepada masyarakat,
khususnya seluruh universitas yang ada di Indonesia.
4. Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar
menjadi lebih unggul dan lebih siap dalam menghadapi persaingan bisnis.
H.
PESERTA
·
Dialog Publik : 300 orang
Peserta
Dialog Publik adalah mahasiswa finalis Business Plan Competition dan umum.
·
Visiting Company dan Field Trip : 15 tim (per tim
3 orang)
Peserta
Visiting Company dan Field
Trip adalah 15 besar finalis Olimpiade Manajemen Nasional 2016.
· Business
Plan Competition : 15 tim (per tim 3 orang)
Peserta Business Plan Competition adalah 15 besar finalis Olimpiade
Manajemen Nasional 2016.
I.
WAKTU DAN TEMPAT
1.
Dialog Publik
Hari : Jumat
Tanggal : 21 Oktober 2016
Tempat : Aula Gedung D4
Lantai 3 Fakultas Ekonomi
Pukul : 08.00 – 11.00 WIB
2.
Visiting Company dan Field Trip
Hari : Sabtu
Tanggal : 22 Oktober
2016
Tempat : Bakpao Telo Malang dan Sentra Industri
Tempe Sanan Malang
Pukul : 07.00 – 16.00 WIB
3.
Business Plan Competition
Hari :
Minggu
Tanggal : 23
Oktober 2016
Tempat : Gedung Aula E3 Lt2
Pukul :
07.00 – 17.00 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar