MANAJEMEN FEST



MANAJEMEN FESTIVAL 2016
HIMPUNAN MAHASISWA  JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MALANG

I.          LATAR BELAKANG
Universitas merupakan suatu sistem akademik, lembaga pendidikan, pengajaran, penelitian, pengembangan disiplin ilmu, penyebarluasan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk pembangunan masyarakat, dengan berbagai kegiatan, norma dan tradisi yang berkembang dalam kehidupannya. Universitas Negeri Malang menjadi salah satu bagian dari perguruan tinggi yang turut mencetak tenaga ahli yang menguasai iptek dan tenaga kependidikan. Di samping itu, Universitas Negeri Malang juga berperan sebagai pusat pengembangan intelektual dan kebudayaan.
Fakultas ekonomi yang juga merupakan bagian dari Universitas Negeri Malang, haruslah mampu mewadahi kreativitas mahasiswa yang sesuai dengan aspek-aspek yang berhubungan dengan perekonomian. Harapannya agar nantinya mahasiswa mampu menjadi insan yang mandiri dan mampu mengaplikasikan berbagai ilmu yang telah didapat dalam perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu menjadi agen of change yang tidak hanya mampu berpangku tangan pada pemerintah, namun mampu menciptakan lapangan-lapangan kerja yang mandiri.
Upaya yang dapat dilakukan dalam mewujudkan semua itu adalah dengan mengoptimalkan berbagai komponen-komponen civitas akademika sesuai dengan peran dan fungsinya, serta memberikan wadah maupun kesempaatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan kekreativitasannya agar mereka mampu membuka wawasan tentang bagaimana cara menjadi seorang wirausahawan yang mandiri. 
Selain itu, banyak mahasiswa lulusan sarjana yang belum memiliki pekerjaan dikarenakan persaingan di dunia bisnis yang sangat ketat, karena minimnya jaringan atau informasi tentang dunia kerja. Maka dari itu sebagai mahasiswa fakultas ekonomi khususnya jurusan manajemen Universitas Negeri Malang seharusnya bisa lebih berfikir membuka pekerjaan baru bukan untuk selalu mencari kerja. Oleh karena itu, jiwa kewirausahaan sangatlah penting ditumbuhkan untuk memulai persaingan sedini mungkin agar kita siap di hari mendatang.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka mahasiswa ekonomi khususnya dalam jurusan manajemen sebagai sebagai kelompok yang nantinya akan bergelut dalam bidang perekonomian terutama untuk menjadi entrepreneur yang baik perlu diwadahi dan dibekali ilmu-ilmu mengenai kewirausahaan yang nantinya akan mereka aplikasikan melalui suatu event MANAJEMEN FESTIVAL
MANAJEMEN FESTIVAL merupakan suatu event untuk pengaplikasian jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh mahasiswa, dimana nantinya melalui event ini mahasiswa diharapkan mampu menjadi seorang yang benar-benar paham dan mengerti mengenai dunia kewirausahaan. Selain pengembangan jiwa entrepreneurship, dalam event ini juga menampilkan panggung hiburan yang berkolaborasi dengan sentuhan kreasi mahasiswa. Untuk  itu segala bentuk pengembangan jiwa kewirausahaan dan penampilan minat dan bakat kreasi mahasiswa yang tersebut diatas akan kami kemas dalam sebuah acara dengan tema “Welcome To The Light Alpha
Melalui kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa Universitas Negeri Malang mempunyai bekal dalam mengaplikasikan jiwa kewirausahaanya dan segala hal yang mereka dapatkan dalam perkuliahan. Dan Atas dasar fakta tersebut kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen dengan maksud menyalurkan bakat mahasiswa fakultas ekonomi pada umumnya dan mahasiswa jurusan manajemen pada khususnya dalam kegiatan pengembangan jiwa entrepreneur dan kekreatifan.

    II.            NAMA KEGIATAN DAN TEMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah MANAJEMEN FESTIVAL dengan tema kegiatan Welcome To The Light Alpha. ”.

  1. LANDASAN KEGIATAN
Dasar kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1.      Tri Dharma Perguruan Tinggi
2.      Visi dan Misi HMJ Manajemen Univesitas Negeri Malang
3.      AD/ART Organisasi Pemerintahan Mahasiswa Universitas Negeri Malang.
4.      Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara RI Nomor 78,  Negara RI Nomor 4301)
5.      Keputusan Mendikbud No. 0155/U/1998, tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.
6.      Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Malang No. 13/KEP/UN32/KM/2012, tentang Pedoman Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang Tahun 2012
7.      Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang No 1.2.41/UN32.4/KM/2016, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun 2016.

IV.          TUJUAN KEGIATAN
1.      Merealisasikan program kerja Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMJM) periode 2016
2.      Membantu mahasiswa untuk mengaplikasikan teori – teori yang mahasiswa dapatkan pada mata kuliah kewirausahaan.
3.      Untuk melatih kreatifitas Mahasiswa.
4.      Membantu memperkenalkan produk makanan khas dari daerah yang berbeda
5.      Untuk membina kebersamaan dan kekeluargaan seluruh warga Manajemen pada khususnya Universitas Negeri Malang pada umumnya.
6.      Mengembangkan daya imajinasi, kreasi serta semangat generasi muda
7.      Memberikan sarana hiburan dan media kreativitas yang berkualitas dan berbeda untuk dinikmati serta menyajikan alternatif hiburan bagi semua kalangan
8.      Meningkatkan promosi dan sebagai media promosi produk masing-masing pihak yang berkepentingan
9.      Joint Event Promotion dengan para sponsor.

IV.          BENTUK KEGIATAN
...................... ini merupakan suatu kegiatan, dimana nantinya mahasiswa mampu  mengaplikasikan bakat serta kemampuan yang mereka miliki khususnya dalam bidang kewirausahaan sehingga nantinya mereka akan mampu menjadi seorang entrepeneur yang berkompeten. MANAJEMEN FESTIVAL ini di lakukan dengan cara mendirikan stand dengan tema STEET FOOD yaitu produk Makanan jalanan yang dikemas dari sederhana menjadi sangat bernilai, ada juga makanan khas daerah yang diisi oleh ORDA sehingga produk mereka dapat dilihat dan dikenal oleh konsumen. Selain itu, juga terdapat panggung hiburan yang di meriahkan dengan Perform ORMAWA dan band Indie Kota Malang.

  V.          PESERTA
Target utama MANAJEMEN FESTIVAL ini adalah para mahasiswa baru Universitas Negeri Malang dengan jurusan program studi dan Target total 30 stand bazar. Dengan rincian 15 Stand dari Mahasiswa Baru, 5 Stand dari ORDA, 5 Stand Sponsorship dan 5 Stand dari UMKM. target pengunjung 500 orang.

VI.          PELAKSANAAN
Hari                 : Senin
Tanggal            : 19 September 2016
Waktu              : 14.00 – 21.00
Tempat : Lapangan Parkiran Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar